Mengetahui Dosis Radiasi Dental Radiology.?

  • Whatsapp
bpfk-solo
banner 468x60

»Apa yang dimaksud dengan” dosis “radiasi sinar X?

Dosis radiasi adalah ukuran seberapa banyak energi yang diserap ketika sesuatu atau seseorang terkena sinar-X. Ini penting karena penyerapan energi inilah yang dapat menyebabkan kerusakan pada seseorang. Jumlah yang berbeda digunakan untuk menyatakan dosis.

Bacaan Lainnya

banner 300250

» Kuantitas apa yang digunakan dalam praktik untuk menghubungkan dosis radiasi dengan risiko?

Kuantitas yang umum digunakan untuk mengungkapkan dosis kepada seseorang adalah dosis efektif, yang memperhitungkan dosis ke berbagai organ / jaringan yang terpapar (karena berbagai organ / jaringan memiliki sensitivitas yang berbeda-beda terhadap radiasi). Dosis efektif berkaitan dengan risiko efek stokastik (kanker dan efek genetik). Dosis efektif dan risiko terkait tidak boleh diterapkan pada individu, tetapi dapat digunakan untuk membandingkan antara modalitas, teknik, dan sumber pajanan lainnya (misalnya tingkat latar belakang alami). Efek non-stokastik (reaksi jaringan / efek deterministik juga dapat terjadi pada tingkat dosis organ di atas ambang tertentu.

» Berapa jumlah yang digunakan untuk mengukur dosis dari peralatan rontgen gigi?

Karena dosis efektif tidak dapat diukur, dalam praktiknya, jumlah dosis lain yang dapat diukur secara langsung digunakan untuk tujuan pengoptimalan, pemantauan dosis, dan jaminan kualitas. Mereka khusus untuk modalitas pencitraan tertentu.

Kuantitas terukur adalah kerma / dosis udara permukaan masuk. Satuan kerma permukaan pintu masuk adalah abu-abu (Gy), tetapi dalam radiologi gigi tingkat dosis biasanya sebagian kecil dari satu abu-abu – miligray (mGy), atau bahkan mikrogray (µGy).

Dalam sefalometri, radiografi panoramik, dan dalam CBCT, kuantitas yang dapat diukur biasanya merupakan produk kerma (dosis) dan bidang sinar X, yang disebut produk area Kerma, diukur dalam mGy.cm2.

» Berapa dosis tipikal dari prosedur radiologi gigi?

Dalam lingkup jaminan kualitas, dosis terukur dari prosedur radiologi sering dinyatakan sebagai tingkat referensi diagnostik (DRL), berdasarkan survei lokal terhadap dosis pasien yang khas. Nilai DRL untuk eksposur orang dewasa dari berbagai survei nasional berada dalam kisaran berikut:

  • 0,65 hingga 3,7 mGy untuk kerma permukaan pintu masuk, dan 26 hingga 87 mGy.cm2 untuk produk area kerma untuk radiografi intraoral;
  • 3,3 hingga 4,2 mGy dalam hal dosis permukaan masuk, dan 84 hingga 120 mGy.cm2 dalam hal produk area kerma untuk radiografi panoramik;
  • 41 hingga 146 mGy.cm2 (dewasa) dan 25 hingga 121 mGy.cm2 (anak-anak) dalam hal produk area kerma untuk radiografi sefalometri lateral.
    Dosis efektif tipikal adalah untuk:

Prosedur pencitraan sinar X gigi intraoral 1–8 μSv;

  • pemeriksaan panorama 4-30 μSv;
  • pemeriksaan sefalometri 2-3 μSv,
  • Prosedur CBCT (berdasarkan nilai median dari literatur): 50 μSv atau lebih rendah untuk volume pemindaian berukuran kecil atau sedang, dan 100 μSv untuk volume besar.

Dengan demikian, dosis dari prosedur radiologi gigi intraoral dan sefalometrik lebih rendah, biasanya kurang dari satu hari radiasi latar alami. Dosis untuk prosedur panoramik lebih bervariasi, tetapi bahkan pada rentang tertinggi setara dengan beberapa hari radiasi latar alami yang serupa dengan radiografi dada. Dosis CBCT mencakup rentang yang luas, tetapi mungkin puluhan atau bahkan ratusan µSv dosis efektif lebih tinggi daripada teknik radiografi konvensional, tergantung pada tekniknya. Perbaikan teknologi yang cepat pada peralatan CBCT berarti bahwa kisaran dosis tipikal cenderung berubah.

» Siapa yang harus saya tanyakan untuk informasi rinci mengenai dosis?

Seorang ahli yang berkualifikasi (misalnya fisikawan medis) dapat mengukur jumlah dosis yang disebutkan di atas, dan mampu memberikan informasi yang lebih rinci mengenai subjek ini.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *