Sejarah

Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan (LPFK) Surakarta merupakan pengembangan dari Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK) Jakarta. Berawal dari didirikannya UPF Surakarta adalah untuk memberikan pelayanan Pengujian/Kalibrasi Alat Kesehatan diwilayah kerja Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. UPF BPFK Jakarta yang di Surakarta didirikan pada bulan Juli 2008 dengan menempati lokasi pertama di Jl. Serayu No 1 Semanggi Pasar Kliwon Surakarta. Kemudian pada tanggal 25 Oktober 2009 UPF BPFK Jakarta di Surakarta pindah lokasi di Jl. Kolonel Sutarto Kompleks RC Jebres Surakarta hingga sekarang menempati bekas gedung Akademi Fisioterapi hasil hibah dari Politeknik Kesehatan Surakarta dengan luas total lahan 1.553 m² dengan bangunan seluas 1.098 m². Kepindahan ini juga diikuti dengan semakin bertambahnya sarana prasarana dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada sehingga semakin berkembang dalam proses jumlah pelayanannya. UPF BPFK Jakarta di Surakarta secara struktural dibawah Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI.

Dalam perkembangannya UPF BPFK Jakarta di Surakarta sesuai surat Menpan No. B/885/M.PAN-RB/03/2011 tanggal 24 Maret 2011 perihal Rancangan Peraturan Menteri Kesehatan tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit pelaksana Teknis di Bidang Pengamanan Fasilitas Kesehatan diubah namanya menjadi Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan (LPFK) Surakarta dengan Pembina Teknis Direktorat Bina Pelayanan Penunjang Medik dan Sarana Kesehatan yang bertanggung jawab kepada Setditjen Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Hal tersebut diperkuat dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 919/MENKES/PER/V/2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan yang telah mengukuhkan Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan (LPFK) Surakarta sebagai organisasi di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Dalam rangka mewujudkan organisasi yang lebih proporsional, efektif, dan efisien guna meningkatkan kinerja pelaksanaan tugas unit pelaksana teknis bidang pengamanan fasilitas kesehatan, pada tanggal 26 Oktober 2020 diterbitkan Permenkes Nomor 61 Tahun 2020 tentang Organisasi Dan Tata kerja unit Pelaksana Teknis Bidang Pengamanan Fasilitas Kesehatan. Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan Surakarta merupakan Satuan Kerja Lingkungan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Untuk melengkapi kebutuhan dibidang sarana dan prasarana Loka Pengamanan Fasilitas Kesehatan (LPFK) Surakarta pada tahun 2019 mendapatkan lahan baru hasil hibah seluas ± 8.630 m² di daerah Jl. Lingkar Mojosongo, Kampung Randusari, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Sedangkan untuk renacana penggunaan lahan tertuang dalam Masterplan Rencana Pengembangan LPFK Surakarata untuk sepuluh tahun kedepan.

Pada usianya yang relative muda LPFK Surakarta harus mampu mensejajarkan diri dengan lembaga sejenis lainnya khususnya lembaga pemerintah dengan melaksanakan tugas pokok dan fungsinya terhadap pengamanan fasilitas kesehatan. Tugas dan Fungsi Loka pengamanan Fasilitas Kesehatan (LPFK) Surakarta sebagaimana diamanahkan dalam Permenkes Nomor 61 Tahun 2020 adalah sebagai berikut :

  1. Penyusunan rencana, program dan anggaran;
  2. Pengujian dan kalibrasi alat kesehatan;
  3. Pengujian dan kalibrasi sarana dan prasarana kesehatan;
  4. Pengamanan dan pengukuran paparan radiasi;
  5. Pelayanan monitoring radiasi personal;
  6. Pengelolaan data dan sistem informasi;
  7. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan;
  8. Pelaksanaan urusan administrasi LPFK.